Prosiding Seminar Nasional Matematika
Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 24 Juli 2011
Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 24 Juli 2011
EFEKTIVITAS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
(Eksperimentasi di Kelas XI SMAN 3 Kabupaten Wonogiri)
oleh
1). Yoppy Wahyu Purnomo, 2). Sumardi, 3) Sutarni
1) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UHAMKA
Jl. Tanah Merdeka, Kp. Rambutan, Ps. Rebo, Jakarta Timur
2) & 3) Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS
Jl. Ahmad Yani Tromol Pos 1, Pabelan, Surakarta
1) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UHAMKA
Jl. Tanah Merdeka, Kp. Rambutan, Ps. Rebo, Jakarta Timur
2) & 3) Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS
Jl. Ahmad Yani Tromol Pos 1, Pabelan, Surakarta
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah pendekatan CTL lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa; (2) Untuk mengetahui apakah motivasi yang lebih tinggi lebih baik daripada motivasi yang lebih rendah terhadap hasil belajar siswa; (3) Untuk mengetahui interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMAN 3 Wonogiri semester gasal tahun pelajaran 2007/2008. Sampel diambil secara cluster random sampling diperoleh 2 kelas yang dijadikan satu kelas eksperimen dan satu kelas untuk kontrol dengan jumlah keseluruhan 75 siswa. Hasil belajar siswa dibatasi pada kompetensi dasar Trigonometri. Metode pengumpulan data dengan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan taraf signifikansi 5 %, kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) Pendekatan CTL lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa; (2) Motivasi tinggi memberikan hasil belajar lebih baik daripada motivasi sedang. Di sisi lain motivasi sedang sama hasil belajarnya dengan motivasi rendah; (3) Untuk semua kategori motivasi belajar, siswa menggunakan CTL lebih baik daripada konvensional. Di sisi lain, pada pembelajaran CTL maupun konvensional, motivasi tinggi lebih baik dari pada motivasi sedang dan sedang sama hasil belajarnya dengan motivasi rendah.
Kata kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika.
Baca selengkapnya dengan mengunduh link berikut ini.
http://www.scribd.com/doc/77969492/Efektivitas-Contextual-Teaching-and-Learning-Ctl